Acara Aqiqah sesuai Sunnah

Acara Aqiqah Sesuai SUNNAH, pake mudah tanpa ribet.

Bayi sudah lahir, kesibukan dirumah juga sudah berbeda setiap harinya. Dan sebagai salah satu wujud rasa syukur atas lahirnya bayi, pada saat usianya kurang lebih sebulan biasanya diadakan syukuran. Untuk wujud acaranya tergantung pada agama, tradisi yang dipahami dan kemampuan masing-masing keluarga untuk merayakannya. 

Makanya, saat tahu hamil jangan lupa menabung karena pasti pengeluaran untuk semasa kehamilan, persalinan dan mengadakan acara syukuran itu butuh dana juga (plus energi lebih hehehe). Apalagi kalau kita sudah ada tanda hamil kembar 2harus kudu ekstra dobel juga persiapan menabungnya.

Di Indonesia, ada banyak sekali tradisi adat dan agama yang mengatur tentang syukuran bayi ini. Beda laki-laki, beda pula pada perempuan. Dan biasanya yang berlaku sekarang itu adat digabung dengan agama, agar lebih mudah diterima dimasyarakat. Tradisi inilah yang harus tetap kita lestarikan.

Kita mengenal macam-macamnya acara, terutama yang namanya syukuran. Yang sangat familiar dengan kita adalah syukuran bayi. Macam syukuran bayi ini sangat beragam, mulai dari syukuran saat ditiupkan ruh, syukuran menantikan kehadiran sang bayi sampai syukuran kelahiran. Saat ini kita membahas syukuran kelahiran bayi yaitu acara aqiqah sesuai sunnah

Acara Aqiqah sesuai Sunnah


Macam-macam Syukuran Kelahiran Bayi : 


1. Perayaan sebulanan bayi (First month celebration)

Ini yang sekarang lagi tren. Perayaan pas sebulanan bayi itu kayak ulang tahun. Trus bayi difoto-foto lucu beserta ditulis milestonenya. Ada gudibek atau hampers bayi yang lucu-lucu dan makanan didessert table yang cakep-cakep. Keluarga dan kerabat berkumpul dan memberi kado untuk bayi. 

Kenapa sebulan, soalnya bayi sudah lebih kuat daya tahan tubuhnya. Terus juga sudah tidak banyak tidur kalau ada orang datang. Jadi yang jenguk bisa bermain atau godain bayi yang lagi melek. Ini bisa acara keluarga saja atau mengundang banyak orang juga bisa. Tergantung sama kemampuan keluarga masing-masing.

2. Selapanan

Kata selapan atau salapan artinya 35 hari atau 7 pasaran. Banyak slametan atau selamatan kelahiran bayi sebenarnya, yaitu brokohan, puput puser, nyepasari, nyelapanani, nelunglapanani, mitunglapani, nyanganglapani dan nyetahuni.

Yang masih tren adalah selapanan. Soalnya kalau saya keluar rumah biasanya suka ditanya, "Sudah 40 hari belum? ". Trus kalau ngeliat bayi keluar rumah sebelum selapanan itu keluar rumah kayak dipandang gimanaaaaaaa gitu. Serius! Padahal ya, percayakan saja sama ibunya. Seorang ibu tidak akan mencelakakan anaknya hanya karena diajak pergi kesana-sini sebelum selapanan --". Lah ya mau gimana lagi, kalau saya gak keluar ajak bayi ya gak bisa :D.  Tapi untung saya merantau ini, kebayang kalau tinggal didaerah bener-bener gak boleh kemana-mana sebelum 40 hari kali ya :v *ini paragraf numpang curhat #eaaa.

Ini adalah budaya Jawa yang dilakukan pada hari ke-35 untuk bayi perempuan atau hari ke-40/45 untuk bayi laki-laki. Logikanya dari hari kelahiran wetonan bayi, pada hari ke-35 itu wetonan akan berulang lagi di penanggalan jawa. Yang pasti, selapanan ini wujud syukur lahir dan selamatnya bayi.

Acara selapanan itu motong rambut bayi dan dilakukan setelah shalat maghrib. Terus membuat bancaan dan gudangan untuk tetangga sesuai adat yang jumlahnya ganjil. Terus simbol angka 7 (ganjil) dibuat untuk bancaan dan gudangan yang dibikin. Menurut paham Jawa, ganjil itu keberuntungan soalnya.

Rata-rata acara selapanan adalah gabungan antara adat dan agama. Makanya jangan heran kalau saat selapanan ada juga ngaji, baca shalawat dll ^^. Intinya sama, mendoakan bayi yang baru lahir agar sehat dan selamat lahir batin.

Dalam Islam, aqiqah dilakukan sebagai bentuk pendekatan diri atau taqarrub karena lahirnya bayi. Walaupun sunnah, tapi orang tua rata-rata tetap mengakikahkan anaknya meskipun kadang telat.

Untuk kelahiran bayi baru, acara aqiqah sesuai sunnah dilakukan pada hari ketujuh. Itu sekalian memotong rambut bayi, mensahkan pemberian nama dan menyembelih kambing.

أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَمْرَهُمْ أَنْ يُعَقَّ عَنْ اَلْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ, وَعَنْ اَلْجَارِيَةِ شَاةٌ
Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam memerintahkan mereka agar beraqiqah dua ekor kambing yang sepadan (umur dan besarnya) untuk bayi laki-laki dan seekor kambing untuk bayi perempuan (HR Abu Daud)

4. Musik Talempong dan Turun Mandi

Di Minangkabau, kelahiran bayi disambut dengan musik Talempong. Setelah plasenta ditanam ditanah pakai periuk dan kain putih, pada usia 40 hari dilakukan Turun Mandi  di tepi sungai. Rambut bayi akan dipoton, ditimbang dan diganti dengan emas.

5. Batasmiah Anak

Atau dikenal dengan mangarani (pemberian nama) anak, merupakan tradisi adat Banjar. Dimulai dari saat bayi lahir ada pemotongan tangking (tali/tangkai) pusar lalu dilantakkan (dimasukkan seperti ditanam) serbuk rautan emas plus serbuk intan ke dalam lubang pangkal pusarnya. 

Setelah kering dan pusarnya lepas, ada upacara pengukuhan pemberian nama. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran, lalu orang kepercayaan akan meresmikan nama yang diberikan dengan rambut anak dipotong sedikit dan pada bibirnya disentuhkan garam, madu, dan air kelapa. Lalu bayi dibawa berkeliling untuk ditapung tawar dengan minyak likat baboreh yang diberikan oleh tetua dan orang tua yang berdoa untuk si bayi.

6. Jatakarma Samskara

Di Bali yang mayoritas masyarakat hindu, ada upacara Jatakarma Samskara yang dilakukan setelah bayi lahir hingga sebelum tali pusar lepas. 


Peringatan atau Acara atau Syukuran ini adalah sebagai bentuk kita mensyukuri atas nikmat yang Allah berikan kepada kita. Bagaimana kita lebih mentaati Tuhan Sang pemberi nikmat (tha’at al-masykur). Disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita sebagai orang tua. Yang terpenting dan terutama adalah bahagia atas rasa syukur ini sudah sesuai dengan hukum Islam, tidak berlebihan, mengutamakan sunnah dan bermanfaat bagi orang di sekitar kita.

Tentang Aqiqah

Paket Aqiqah Nurul Hayat adalah Aqiqah yang berdiri dibawah Nurul Hayat Group Yang dimana cabang untuk Aqiqah ini berada di Solo . Nurul Hayat ini memiliki Layanan Bisnis yang cukup banyak salah satunya Aqiqah.


Paket Aqiqah Nurul Hayat untuk Aqiqah Bumiayu milik Nurul Hayat merupakan jasa layanan aqiqah yang menyediakan berbagai pilihan kambing yang juga akan menentukan paket yang anda pilih untuk ibadah aqiqah untuk anak tercinta. Pilihan paket yang kami tawarkan untuk aqiqah ada banyak varian, dimulai dari paket tasyakuran, paket puas, paket super, paket istimewa, hingga paket platinum.  Paket Aqiqah Murah 2020 Bumiayu milik Nurul Hayat merupakan cabang dari Aqiqah Nurul Hayat Solo yang juga menyediakan jasa Acara Aqiqah sesuai Sunnah.  Yang sudah tersebar luas di kota-kota besar di Indonesia lainnya, meliputi Aqiqah Balikpapan, Aqiqah Bandung, Aqiqah Banyuwangi, Aqiqah Bekasi, Aqiqah Bogor, Aqiqah Bojonegoro, Aqiqah Cikarang, Aqiqah Depok, Aqiqah Gresik, Aqiqah Jember, Aqiqah Kediri, Aqiqah Madiun, Aqiqah Makassar, Aqiqah Malang, Aqiqah Medan, Aqiqah Semarang, Aqiqah Sidoarjo, Aqiqah Surabaya, Aqiqah Tangerang, Aqiqah Tangerang Selatan, Aqiqah Tuban, Aqiqah Jogjakarta, Aqiqah Cimahi, Aqiqah Purwokerto, Aqiqah Cirebon, Aqiqah Palembang, Aqiqah Samarinda, Aqiqah Jakarta, Aqiqah Jakarta Pusat, Aqiqah Jakarta Utara, Aqiqah Jakarta Barat, Aqiqah Jakarta Timur, Aqiqah Jakarta Selatan, Aqiqah Tasikmalaya, Aqiqah Cilegon, Aqiqah Purwakarta dsb.

Paket Aqiqah Murah 2020 Solo Nurul Hayat, harga paket Aqiqah kambing masak (harga perekor Kambing) sebagai berikut:

PLATINUM
Jantan : Rp 3.900.000,-
Betina : Rp 2.600.000,-
3 Menu : 270 sate + 90 kreng daging + 180 gule jeroan tulang
2 Menu : 550 sate + 180 gule

ISTIMEWA
Jantan : Rp 3.550.000,-
Betina : Rp 2.250.000,-
3 Menu : 210 sate + 70 kreng daging + 140 gule jeroan tulang
2 Menu : 450 sate + 140 gule

SUPER
Jantan : Rp 2.800.000,-
Betina : Rp 1.800.000,-
3 Menu : 150 sate + 50 kreng daging + 100 gule jeroan tulang
2 menu : 300 sate + 100 gule

PUAS
Jantan : Rp 2.700.000,-
Betina : Rp 1.700.000,-
3 Menu : 120 sate + 40 kreng daging + 80 gule
2 Menu : 250 sate + 80 gule

TASYAKURAN*
Betina : Rp 1.400.000,-
2 Menu : 150 sate + 40 gule

Lebih praktis aqiqah plus Nasi Kotak

Paket Aqiqah Murah 2020 

PLATINUM
3 Menu (90 Kotak)
Jantan : Rp 5.610.000,-
Betina : Rp 4.310.000,-
2 Menu (180 Kotak)
Jantan : Rp 7.050.000,-
Betina : Rp 5.750.000,-

 

ISTIMEWA
3 Menu (70 Kotak)
Jantan : Rp 4.880.000,-
Betina : Rp 3.580.000,-
2 Menu (140 Kotak)
Jantan : Rp 6.000.000,-
Betina : Rp 4.700.000,-
 
SUPER
3 Menu (50 Kotak)
Jantan : Rp 3.750.000,-
Betina : Rp 2.750.000,-
2 Menu (100 Kotak)
Jantan : Rp 4.550.000,-
Betina : Rp 3.550.000,-
 
PUAS
3 Menu (40 Kotak)
Jantan : Rp 3.460.000,-
Betina : Rp 2.460.000,-
2 Menu (80 Kotak)
Jantan : Rp 4.100.000,-
Betina : Rp 3.100.000,-

TASYAKURAN
2 Menu (40 Kotak)
Betina: 2.100.000
*Kambing Tasyakuran belum sah untuk aqiqah

Menu Nasi Kotak terdiri dari :
1. Nasi putih
2. Tiga tusuk sate*
3. Sambal goreng ketang ati
4. Satu cup gule*
5. Acar kuning
6. Sambal
7. Krupuk Udang
8. Buah pisang
9. Alat makan (tisue, sendok, tusuk gigi)
10. Box Nasi Esklusif ukuran 22x22 cm
Catatan: *Sate dan gule dari Paket Aqiqah Kambing Masak


Pilihan Menu Kotakan:

Paket Aqiqah Murah 2020

        Rp. 16.000                                Rp. 17.500
       (TANPA CUP GULE)                    (+ CUP GULE)

 
Paket Aqiqah Murah 2020

       Rp. 17.000                                Rp. 19.000
      (TANPA CUP GULE)                    (+CUP GULE)

 

 Paket Aqiqah Murah 2020

       Rp. 18.500                               Rp. 19.500
      (TANPA CUP GULE)                    (+CUP GULE)






Comments

Popular posts from this blog

Aqiqah Terbaik, Undangan Aqiqah Bumiayu

Aqiqah Bekasi 2021

Undangan Aqiqah, terkesan sekali seumur hidup